SELAMAT DATANG DI DESA BANYU URIP KECAMATAN NGAWI KABUPATEN NGAWI

Artikel

BERSIH DUSUN GUNUNG KENDIL

03 Juli 2024 11:02:23  Administrator  112 Kali Dibaca  Berita Desa

Pada hari Selasa tanggal 3 Juli tahun 2024 Desa Banyuurip Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi melaksanakan bersih Dusun Gunung Kendil. Bersih Desa merupakan slametan atau upacara adat Jawa untuk memberikan sesaji kepada danyang desa. Sesaji berasal dari kewajiban setiap keluarga untuk menyumbangkan makanan. Bersih desa dilakukan oleh masyarakat dusun untuk membersihkan desa dari roh-roh jahat yang mengganggu. Bersih desa adalah tradisi yang dilalukan oleh secara turun temurun dari nenek moyang, hari pelaksanaan tidak sembarangan ditentukan melainkan setiap selasa kliwon setahun sekali pada hari – hari tertentu didalam kalender jawa yang merupakan hari sakral untuk melaksanaan Ritual bersih Dusun.

Bersih desa ini dihadiri oleh kepala desa berserta perangkat desa, Ketua Rt, Ketua Rw, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Seluruh warga juga ikut serta meramaikan bersih desa tersebut. Kegiatan bersih Dusun Gunung Kendil diawali dengan gotong royong kerja bakti didusun dilanjutkan dengan selametan di rumah kepala dusun yang dihadiri oleh seluruh kepala keluarga warga Dusun Gunung Kendil. Acara selanjutnya pergelaran kesenian gambyong (uyon – uyon) sebagai lambang kemakmuran agar terus bersemayan didesa tersebut yang dimulai dari pukul 12.00 s/d 16.00 WIB.

Dengan adanya bersih dusun ini selain adat turun temurun juga menjallin kerukunan antar warna Dusun Gunung Kendil tanpa memandang status sosial.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Agenda

 Peta Wilayah Desa