SELAMAT DATANG DI DESA BANYU URIP KECAMATAN NGAWI KABUPATEN NGAWI

Artikel

PELATIHAN TTG ( TEKNOLOGI TEPAT GUNA ) TANAMAN HIDROPONIK

26 September 2024 10:55:16  Administrator  59 Kali Dibaca  Berita Desa

Pada tanggal 19 September 2024 Desa Banyuurip mengadakan Pelatihan TTG Tanaman Hidroponik Di Aula Desa Banyuurip yang dilaksanakan pada pukul 10.00 – 13.00 WIB dihadiri oleh Kepala Desa Banyuurip, Babinkamtibmas, Babinsa, Perangkat Desa dan Warga. Narasumber pelatihan tanaman Hidroponik bernama Imam Ariyo petani hidroponik dari Jogorogo.

 

Hidroponik adalah suatu budidaya menanam dengan mamakai (memanfaatkan) air tanpa memakai tanah dan menekankan penambahan kebutuhan nutrisi untuk tanaman. Lahan yang minim serta proses bercocok tanam yang mudah, menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak kalangan masyarakat yang mulai memanfaatkan ruang kosong di sekitar rumahnya untuk disulap menjadi modul-modul (instalasi peralatan tanam) hidroponik.

 

Tujuan dari dilaksanakannya Pelatihan Hidroponik Skala Rumah Tangga :

(1) Memberikan Pengetahuan Dasar Teknik Budidaya Secara Hidroponik

(2) Memberikan Pengetahuan Berbagai Macam Sistem Hidroponik

(3) Memberikan Pengetahuan Dasar tentang Nutrisi Hidroponik

(4) Memberikan Pengetahuan tentang Analisa Usaha Budidaya Sayuran Hidroponik. 

 

Manfaat bercocok tanam menggunakan system hidroponik tersebut salah satunya tanaman dapat tumbuh dan berproduksi dengan lebih terjamin, penggunaan pupuk yang lebih hemat (efisien), perawatan lebih mudah, serangan hama lebih terjaga dan yang paling penting sangat menghemat penggunaan lahan pertanian.

 

Desa Banyuurip memiliki konstur tanah yang tandus dengan adanya pelatihan hidroponik menanam tanpa menggunakan tanah Desa Banyuurip berharap semoga pelatihan ini bermanfaat bagi warga desa banyuurip bisa menanam sayuran lebih baik dan lebih banyak. 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Agenda

 Peta Wilayah Desa